Langsung ke konten utama

All Good Things Will Generate The Other Good Things



Assalamualaikum smart reader, yeey for a long time, aku gak pernah nulis lagi di blog, and finally I’m come back again, to be continue my story. Entah karena apa, mungkin mood aku selama ini sering berubah-ubah gak karuan dikarenakan aku baru aja mengalami musibah, yaitu Ibundaku tercinta pergi mendahului kami semua untuk berjumpa dengan Allah. Ok, well, karena sekarang kebetulan lagi liburan, dan aku memiliki amat sangat banyak waktu kosong, jadi aku luangkan sedikit waktuku untuk menulis blog ini.
Jadi, di tulisanku kali ini aku ingin menceritakan tentang hal baik atau kebaikan. Nah, sebelumnya aku mau ceritain dulu kejadian yang baru terjadi sama aku kemarin, yang membuat ideku muncul, sehingga mau menulis blog tentang kebaikan itu sendiri. Nah, let’s read the story  first.
Kejadiannya itu baru aja hangat-hangatnya kemarin terjadi. Jadi saat itu sekitar jam 11an lewat mau 12 gitu, aku lagi nonton film Korea di kamar, filmnya keren banget, judulnya Midnight Runners, genrenya itu comedy action, jadi gak ngebosenin deh pokoknya. Lah kok jadi bahas film sih, tenang aja ini bukan blog review film kok. Cuma ceritain sekilas aja aku lagi ngapain. Terus hp ayah bunyi ada orang telepon, berkali-kali gitu, aku males angkat, jadi ya aku biarin aja. Gak lama kemudian ayah angkat, terus ayah ngomong sama orang yang di telepon sambil masuk kamar. Yaudah aku matiin dulu filmnya. Terus ayah bilang gini ke lawan bicara yang di telepon “Iya, nih si Ayu ni, apa? Beliin sepatu? Nih ngomong aja sama dia.” Ayah kasih hp ayah ke aku, aku ambil sambil nanya “siapa Yah?”
“Etek As.” Kata ayah. (Etek itu panggilan Tante untuk orang Minang).
Yaudah aku ngomong deh. “Halo Assalamualaikum Tek, kenapa Tek?”
“ini Ayu, Etek lagi di pasar Aceh ni, Etek lagi beli sepatu, Ayu mau sepatu gak? (mau banget Tek. Wkwkwkwk) Etek mau balas budi Ibu Ayu, Ibu ayu baik kali orangnya sama Etek (ini yang akan aku bahas di cerita ini, tapi nanti), kalo mau Ayu ke pasar ya sekarang, jangan lama-lama soalnya bentar lagi Jumat, jadi mau tutup tokonya.”
“ohiyaiya Tek, makasih ya Tek, nanti Ayu telpon Etek lagi ya, Ayu ganti baju dulu Tek.”
Udah, segitu deh ceritanya, setelah itu tanpa menunggu lama, aku langsung ganti baju, ambil motor, cuss terus ke pasar Aceh, cuma 5 menit udah nyampe. Terus aku telpon lagi Etek As untuk nanya dimana posisinya, setelah belibet sendiri gak jelas, akhirnya dapat juga tempatnya, dan yang lumayan ngejebaknya, tokonya itu deket banget sama pintu masuk utama, sedangkan aku udah maju mundur shantik disitu-situ aja. Setelah ketemu tokonya, aku jumpa deh sama Etek As. Aku langsung salam, dan Tek As langsung cupika cupiki, terus bilang “ya Allah ini baru mirip kali sama mamaknya.” Aku sih senyum aja yang lebar dan yang paling manis, sambil menyipitkan mata yang udah oriental ini hehehhe. Padahal dalam hati, ya Allah sedih banget dengernya, kayak pengen nangis karena teringat sama ibu, dan rindu sama ibu.
Ohya btw, sebelumnya aku mau cerita Etek As ini siapa, awalnya aku juga gak tau siapa. Beberapa hari yang lalu waktu Etek itu telepon ayah, Etek As ada ngomong sama aku, sebentar sih, yah walaupun aku pikir siapa ya, mukanya juga gak tau, gak ingat juga orangnya yang mana. Setelah itu aku tanya sama ayah, Etek As itu siapa, dari cerita ayah aku juga gak ngerti sih hubungannya gimana, intinya udah kayak saudara angkat aja. Jadi Etek As itu orang Lhokseumawe, ada keponakannya di Banda Aceh yang nikah, makanya Tek As ke Banda Aceh dan berjumpalah dengan Ayu. Setelah ketemu orangnya ya Allah Etek As itu baik banget masya Allah, gak pelit terus kata-katanya itu banyak berisi nasihat untuk naq muda naq ABG kayak aku gini, pokoknya baik banget, ya Allah semoga Engkau murahkan rezekinya dan selalu Engkau beri keberkahan dimanapun dia berada.
Jadi setelah berjumpa dengen Etek As itu, Etek As banyak banget cerita yang mengenang tentang ibu, ibu tuh orangnya begini begitu, yang secara tidak langsung membuat aku sedih sih, karena kalo teringat sama ibu itu bawaannya tu sedih pengen jumpa, pengen cerita lagi sama ibu.
“cepat juga sampenya ya?”
“iya Tek, soalnya kan dekat dari rumah ke pasar.”
“yaudah, pilihlah Ayu mau yang mana sepatunya.”
“iya Tek.” Aduh sepatunya bagus-bagus pula, jadi bingung pilih yang mana hehehhe. Ohiya teringat kata Etek waktu aku sibuk cari sepatu sambil ngetes-ngetes cocok atau enggak. Etek bilang gini “pilihlah Yu, yang mana yang Ayu suka, yang mana yang bagus. Pilih sepatu ni sama kayak pilih jodoh, cocok-cocokan, kita pilih yang mana yang nyaman kita pake, yang sesuai dengan kita, cocok apa gak sama kita.”
“hehehehhe iya Tek.” Aku yang mendengar kata-kata itu sih, cuma ketawa geli aja hehehhe, gak tau kenapa ya sekarang saat umur 20 gini, semua orang disekitarku udah ngomongin jodoh, ngomongin nikah, yang aku aja masih kayak …. Gak tau deh kayak apa heheheh. Aku ada sih kepikiran nikah atau jodoh gitu, tapi mungkin gak untuk saat ini, gak tau kalo besok hehehe.
Setelah mendapatkan jodohku, eh sepatu maksudnya. Aku antar Etek ke berbagai tempat sampe antar Etek balik ke rumah saudaranya. Waduh intro aja sepanjang ini yak, oke tenang aja, pengantarnya udah selesai kok.
Berdasarkan judul di atas, semua kebaikan akan menghasilkan kebaikan yang lainnya pula. Dari cerita aku yang di atas kemarin,  Alhamdulillah, aku baru aja dapat rezeki, dibelikan sepatu oleh Etek As, dikarenakan Etek As ingin membalas budi baik ibu, kalo kata Etek As “ibu Ayu itu orangnya baik, gak bisalah Etek balas kebaikannya.” Sepanjang perjalanan aku terus bersyukur, bersyukur karena apa? Bersyukur karena dapat sepatu baru yaudah so pasti donk, tapi aku lebih bersyukur sangat-sangat karena aku dilahirkan oleh seorang ibu yang sangat luar biasa baiknya. Coba deh dipikir aja, kebaikan yang dilakukan oleh ibu, malah terkena imbas ke anaknya. Ibu itu ya emang baik banget, bukannya subjektif ya, ntar dibilang iyalah emaknya sendiri, makanya dibilang baik. Ya gak gitu juga sih, kami yang anak-anaknya udah tau lah kalo ibu emang baik, baiknya tu ya ke siapa aja, gak pernah pilih-pilih, pokoknya prinsip ibu, kalo bisa tolong dan bantu orang, yaudah lakukan, kalo bisa berbuat baik ya lakukan aja. Kayak waktu aku pulang ke Jambi kemarin, ketemu sama tetangga tempat tinggal dulu, mereka tu ya pada sedih semua teringat sama ibu, dibilang ibu tuh baik orangnya, banyak kenangan baiklah pokoknya sama ibu.
Kami semua anak-anak ibu selalu ibu tanamkan rasa untuk selalu berbuat kebaikan dimanapun, kapanpun, kepada siapapun. Jangan pernah bosen untuk berbuat kebaikan, karena kita gak akan tau amal mana yang bisa membawa kita ke surga. Terus juga, selalu ikhlas dalam melakukan kebaikan, gak usah pernah berharap seseorang yang kita bantu atau tolong itu akan membalas kebaikan kita juga, biarlah Allah yang membalas kebaikan kita, kan Allah Maha Baik. Kalau prinsip aku, aku selalu melakukan kebaikan dengan hanya berharap kepada Allah kayak gini “ya Allah hamba menolong orang ini, semoga suatu saat kalau hamba berada di posisinya juga, Engkau menolong hamba dengan cara memberikan kemudahan lewat cara apapun.” Udah deh, gitu aja mah, kalo mau nolong orang ingat aja, “kalo aku diposisi dia gimana ya?”
Nah, tapi gak setiap kebaikan itu dihargai dengan baik, pasti akan ada aja orang yang gak punya hati memanfaatkan kebaikan kita. Aduh, aku sering banget tuh digituin, kalo kata temen-temen deket aku tuh ya gini.
“Ayu tuh terlalu baik jadi orang.”
“Ayu kok polos kali.”
“Ayu harus tegas dikit, jangan terlalu lembek (nah lho, aku dibilang lembek -__-)
“Ayu mau aja dimanfaatin yu.”
“Ayu tu harus punya rasa gak peduli sikit Yu, jangan terlalu gak enakan gitu.”
Dan sebagainya… ohya pernah juga tuh ada yang bilang aku bodoh, padahal dia adalah orang yang sering nyontek sama aku pas ujian, hehehe, masih ingat gak dia ya? Jadi ceritanya lagi try out SMP, terus aku dapat soal bahasa Inggris, padahal seharusnya hari itu try out Matematika, awalnya aku bingung sih, terus yaudah aku maju ke depan minta ganti soalnya ke guru. Waktu balik ke tempat duduk, si temen yang duduknya di belakang aku dari try out sampe UN, nanya ke aku. “kenapa Yu?”
“ini, soalnya bahasa Inggris, bukan Matematika, jadi Ayu minta tukar.”
“is bodoh kali kok ke, kenapa ke ganti? maunya ke simpan aja, bilang aja belum dapat soal, biar kita bisa belajar untuk besok.”
“hah?” aku cuma balas gitu sambil masang muka tanpa dosa, terus duduk. Aku cuma mikir,  ya ngapain juga dapet satu soal, tapi malah bikin gak berkah nilai mata pelajaran yang lain. Hahaha kalo diingat lucu juga ya.
Terus ada juga orang-orang yang emang gak suka sama aku, tapi panduan buat tugasnya ke aku, aku rada bingung gitu kalo ngadepin orang kayak gini, nih orang maunya apa, bilang tugas kita salah, tapi dia nyontohnya ke aku. Orang itu tuh ya pernah bilang ke aku, aku ini munafik lah, muka dua lah, sok-sokan nampak baik padahal enggak. Ya Allah ada aja yang dia omongin untuk aku. Aku sedih? Ya jelas lah namanya juga manusia, tapi yah seiring berjalannya waktu, udah selo aja gak permasalahin itu lagi, anggap aja gak pernah kenal sama tuh orang. Aku tuh kalo berteman tulus banget, kalo udah sayang, sayang banget. Tapi aku paling anti kalo udah dikecewain, dikihianatin, rasanya tuh ya Ya Allah jangan sampe deh ketemu sama orang itu lagi, ngomong juga gak mau, liat mukanya aja males. Dendam? Enggak kok. Malah udah maafin jauh sebelum dia minta maaf, tapi ya emang udah malas aja untuk berhubungan sama orang kayak gitu, lagian orang kayak gitu juga gak akan pernah ngerti jalan pikiran kita walaupun udah kita jelasin baik-baik.
Terus kalo kata-kata yang dia keluarkan untuk aku itu benar, tapi kenapa malah alhamdulillah aku masih punya banyak temen, ada aja yang bahagiain aku, ada aja yang selalu baik sama aku, ada aja yang selalu ingat sama aku kalo dia ada rezeki apapun. Berarti artinya? Aku gak sepenuhnya seperti yang dia katakan kan? Aku sih menganggap orang seperti itu sebagai ujian bagi aku agar lebih dewasa lagi, rasanya udah puas sih ketemu sama orang kayak gitu dari dulu, tapi yah biarin aja, mungkin dia belum kenalan aja sama kita.
So, intinya dari cerita panjang yang gak jelas alurnya kemana-mana ini, aku cuma mau bilang jangan pernah bosan jadi orang baik, jangan pernah jenuh berbuat kebaikan. Ingat aja kebaikan sekecil apapun pasti Allah hitung. Dan jangan pernah berpikir bahwa orang baik itu cuma sering dimanfaatin aja, enggak kok, orang baik itu banyak yang sayang, hanya orang-orang yang gak ngerti menghargai orang lain yang mau memanfaatkan kebaikannya. Dan juga jangan pernah berharap untuk dibalas kebaikan yang kita lakukan tersebut, ikhlas aja, semoga Allah selalu memberikan kemudahan di setiap langkah kita, atau mungkin kebaikan yang kita lakukan akan dibalas oleh Allah ke orang-orang yang kita sayang, seperti orang tua kita, saudara kita, sahabat kita. Kayak aku gini, ibu yang berbuat baik, malah anaknya yang dapat balasan kebaikan ibu. So, Jadikan berbuat baik itu sebagai kebiasan.
Oke, aku mau ucapin terima kasih buat siapapun yang sanggup baca ini dari awal sampai akhir tulisan ini, kalian luar biasa love you.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dulu, Aku Juga Menginginkan Itu

Assalamualaikum, teman-teman onlineku. Aku hadir kembali dengan tulisanku yang masih terus berproses. Di tulisan ini aku ingin membahas tentang cinta, namun lebih terkhusus lagi tentang bagaimana perasaanku terhadap lawan jenis. Di beberapa tulisanku sebelumnya aku pernah membahas tentang cinta. Aku bingung mulai dari mana hahaha. Alhamdulillah aku seorang gadis yang normal, yang diberikan anugerah untuk juga dapat merasakan bagaimana itu cinta, aku juga memiliki ketertarikan terhadap lawan jenis dan hal lainnya. Dulu sewaktu SD, aku polos sekali, aku pernah suka dengan teman kelasku sendiri, aku juga pernah suka dengan teman ngajiku hahaha, sekarang kalau aku membayangkan hal itu rasanya bodoh sekali aku, kenapa ya aku bisa suka sama mereka, yah namanya juga anak-anak baru puber. Abang letingku di SD juga pernah menyatakan perasaannya kepadaku, melalui teman perempuannya yang sudah pasti kakak lettingku, mereka berkata seperti ini “Dek, Si Aan (nama samaran) suka sama adek, mau g

Milikku memang Untukku

Assalamualaikum pembaca blogku Kali ini aku mau ceritain pengalaman aku tentang “TAKDIR”, tentang bagaimana Allah bisa seromantis itu sama aku, memberikan sesuatu ke aku dengan cara yang sama sekali gak pernah terlintas di pikiranku, yang buat aku terharu dan sangat merasa bersyukur. Sebelumnya, aku nulis ini sama sekali gak ada maksud untuk sombong, karena emang udah lama banget pengen nulis cerita ini, tapi karena banyak mikirnya, makanya gak jadi-jadi tulisannya. Mungkin yang aku dapat gak ada apa-apanya dibandingkan dengan orang lain yang luar biasa pencapaiannya, jadi ya apanya yang mau disombongin kan? Hehehe. Lanjut aja ke ceritanya, jadi aku akan ceritain tentang gimana aku bisa dapatin suatu beasiswa yang padahal “nyaris” gak dapat, qadarullah Alhamdulillah dapat juga hehehe. Dulu, waktu pertama kali aku pindah ke Banda Aceh, Alhamdulillah aku dapat beasiswa. Aku ingat banget, aku dipanggil ke ruang guru untuk dikasih uang beasiswanya, Alhamdulillah saat itu aku dap

Obat

  Ini adalah salah satu obat bagiku. Apa itu? Menulis. Menulis adalah kegiatan yang aku senangi sejak kecil. Menjelaskan segala perasaanku lewat kata-kata, yang awalnya berantakan, setidaknya sedikit menjadi rapi lewat tulisan dalam paragraf. Pikiranku sering berkecamuk sendiri, berantam, terlalu banyak hal tidak penting yang kupikirkan. Terlalu banyak ketakutan yang kubayangkan, aku menyerah, kini kuambil obatku lalu kukonsumsi ia. Saat menulis ini, aku tidak tau harus menulis apa, aku hanya ingin berkata-kata, di saat tidak ada seseorang yang bisa menjadi tempat untuk kusampaikan perasaanku. Aku menulis. Ke depannya, akan banyak cerita yang kusampaikan, aku ingin melawan segala ketakutanku yang tidak jelas. Aku ingin menjadi sesosok “Ayu” yang baru, Ayu yang berani, siap ya Yu.