Langsung ke konten utama

Milikku memang Untukku



Assalamualaikum pembaca blogku
Kali ini aku mau ceritain pengalaman aku tentang “TAKDIR”, tentang bagaimana Allah bisa seromantis itu sama aku, memberikan sesuatu ke aku dengan cara yang sama sekali gak pernah terlintas di pikiranku, yang buat aku terharu dan sangat merasa bersyukur. Sebelumnya, aku nulis ini sama sekali gak ada maksud untuk sombong, karena emang udah lama banget pengen nulis cerita ini, tapi karena banyak mikirnya, makanya gak jadi-jadi tulisannya. Mungkin yang aku dapat gak ada apa-apanya dibandingkan dengan orang lain yang luar biasa pencapaiannya, jadi ya apanya yang mau disombongin kan? Hehehe.
Lanjut aja ke ceritanya, jadi aku akan ceritain tentang gimana aku bisa dapatin suatu beasiswa yang padahal “nyaris” gak dapat, qadarullah Alhamdulillah dapat juga hehehe. Dulu, waktu pertama kali aku pindah ke Banda Aceh, Alhamdulillah aku dapat beasiswa. Aku ingat banget, aku dipanggil ke ruang guru untuk dikasih uang beasiswanya, Alhamdulillah saat itu aku dapat uang beasiswa Rp 300.000, sangat banyak bagi anak SD kelas 3, pulang-pulang ke rumah aku senang banget, aku langsung kasih tau ibu. Seingat aku, uang itu aku gunain untuk beli rok sekolah, sisanya aku lupa dibawa kemana.
Semenjak saat itu aku gak pernah lagi dapat beasiswa. Ohya, perjalanan pendidikan aku naik turun banget, dari yang anak culun, rajin belajar, jadi tiba-tiba “malas” karena faktor tertentu. Mungkin aku akan ceritain di postingan lainnya tentang masa sekolahku dulu. Nah, jadi bisa dibilang itu beasiswa pertama yang aku dapat dan juga yang terakhir aku dapat di masa sekolah. Sampe aku pernah bilang ke kakak “Kak, Ayu pengen kali dapat beasiswa lah, kayak dulu waktu SD”.
Terus kakakku jawab gini “Nanti Dek, kalo kuliah bakalan banyak beasiswa, Ayu bisa ikut”.
Pertamanya aku mikir “ah palingan yang dapat beasiswa pasti anak-anak yang pinter, yang aktif, yang terkenal, sedangkan Ayu kan enggak”. Jadi aku enggak terlalu seriusin kata kakakku. Nah, selama hidup 21 tahun ini, hidupku benar-benar berubah menjadi “manusia” di masa kuliah, banyak masalah dan pengalaman yang memutar otakku, yang merubah pola pikirku, yang memaksa tingkah lakuku berubah, sangat-sangat berubah. Saat baru masuk kuliah, namanya semangat mahasiswa baru, aku nulis segala harapan dan targetku untuk selama masa kuliah ini, termasuk beasiswa, beasiswa yang aku tulis yaitu beasiswa Djarum.
Semester 1 kuliah Alhamdulillah nilainya bagus, jadi waktu semester 2 udah bisa ikut beasiswa karena udah ada nilai IPK. Kebetulan saat itu lagi dibuka beasiswa KSE (Karya Salemba Empat) dan juga beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik). Masya Allah luar biasa, aku lebih semangat daftar beasiswa KSE saat itu, karena beberapa kelebihan beasiswa KSE. Aku ingat banget, untuk daftar beasiswa KSE ini kita harus nulis esai dari beberapa pertanyaan yang diberikan secara online. Saat itu tahun 2017, ibu lagi sakit dan dirawat di RSUDZA. Malam itu aku sama kakak lagi di rumah sakit untuk temanin ibu, aku ditemenin sama kak Pipi turun ke kantin RSUDZA karena disitu ada WIFI dan aku bisa daftar beasiswa KSE secara online. Aku sempet nyerah dan lagi-lagi nangis (Ya Allah, banyak sekali tangisan rasanya di hidupku :D). Alasannya karena aku gak sempat untuk nulis dan jawab esai sebanyak itu dengan kondisi ibu yang baru siap dioperasi dan sedang dirawat pasca operasi, jadi emang pulang kuliah langsung ke rs untuk ngerawat ibu. Saat itu lelah, sedih, kecewa, rasanya pengen nyerah tapi tetap usaha. Secara gak sadar aku udah bentuk pola untuk “coba aja dulu, jangan kalah sebelum perang”.
Ada dilema saat itu, jadi karena beasiswa KSE dan PPA itu langsung kerja sama dengan Unsyiah, kita gak boleh ikut dua-duanya, harus milih salah satu, sedangkan kalo ikut beasiswa di Unsyiah itu, kita harus daftar online dulu di web beasiswa Unsyiah, jadi kalo udah daftar satu beasiswa gak bisa ikut beasiswa lainnya, karena udah terdaftar secara online. Yaudah aku daftar online di web beasiswa Unsyiah untuk beasiswa KSE, tapi aku juga coba-coba daftar beasiswa PPA. Formulir dari pendaftaran online itu nantinya dicetak, kemudian diserahkan bersamaan dengan berkas lain untuk daftar beasiswa PPA. Waktu aku klik icon cetak, formulirku gak bisa tercetak, mungkin aku pikir karena aku udah daftar KSE ya, makanya gak bisa. Saat itu, aku berharap bisa lulus beasiswa KSE, tapi lagi-lagi aku GAGAL, aku gak lulus beasiswa KSE. Kecewa dan sedih iya, tapi tetep selow aja, ya namanya gak rezeki, yaudah. Aku sering kali ngulang-ngulang kalimat ibu yang selalu bisa buat aku tenang yaitu “Ayu boleh punya target apapun, Ayu boleh berharap untuk bisa ngedapatinnya, tapi jangan berlebihan, berharap boleh tapi jangan berlebihan, karena nanti bisa kecewa kalo Ayu gak ngedapatinnya, biasa-biasa aja”. Jadi sekarang kalo mau sesuatu tetap berdoa sama Allah, tapi di kalimat penutupnya bilang “Ya Allah kalo Ayu gak dapat, jadikanlah hati Ayu untuk sabar dan lapang dada”. Seriusan, jadinya setiap gak dapat apa-apa, gak sedih gak kecewa, cuma mikir “itu bukan takdir Ayu, jadi itu bukan untuk Ayu”.
Setelah gak lulus beasiswa KSE, aku seperti biasa, tetap kuliah dan temanin ibu check up pasca operasi. Hari itu, aku lagi sama ibu di rumah, aku lagi beresin berkas ibu untuk check up karena cuma aku yang ngerti hehehe, sumpah deh ribet amat surat-menyuratnya, ibu aja pusing liat suratnya banyak dan ribet gitu. Terus tiba-tiba masuk telepon ke HPku, nomor baru yang gak kukenal, padahal lagi ngobrol sama ibu, “bentar buk, ada telepon”.
“Hallo, assalamualaikum?”
“Walaikumsalam, ini Ayu Sri Rezeki ya?”
“Iya buk, ini siapa ya buk?”. Terus ibu itu kenalin diri, ternyata dari akademik FISIP.
“Ayu, ini kamu ada daftar online beasiswa PPA ya? Kok kamu gak balikin berkas kamu? Nilai kamu tinggi nih, sekarang kamu dimana? Bisa antar berkasnya sekarang ke akademik?”
Terdiam donk aku, hah? Kok bisa? “Saya lagi di rumah Buk, boleh Buk, sebentar lagi saya ke kampus ya Buk”.
“Iya segera ya, assalamualaikum”.
“Walaikumsalam, makasih ya Buk”.
Aku gak percaya, terkejut dan merasa aneh. Terus aku beresin berkas ibu dan ceritain ke ibu kalo aku disuruh ke kampus sekarang. Aku beresin berkas yang diperluin untuk beasiswa PPA, Alhamdulillah berkasnya udah ada, tapi karena gak bisa cetak formulir onlinenya, jadi gak aku kembaliin berkasnya. Setelah beres, aku langsung ke kampus serahin berkasnya ke akademik. Aku juga jelasin kenapa gak balikin berkasnya, akhirnya formulir onlineku dicetak di akademik. Ternyata namaku udah masuk secara online, Alhamdulillah nilaiku tinggi, jadi aku lulus beasiswa PPA. Bener-bener takdir Allah, tau gak kenapa aku bisa dapat beasiswa itu, padahal aku gak balikin berkasnya, ternyata ada senior yang udah dapat beasiswa lain, tapi dia juga daftar beasiswa ini, akhirnya nama dia dihapus dan diganti dengan aku, karena nilaiku lumayan lah. Alhamdulillah sekali kan, bener-bener aku gak nyangka, padahal aku udah ikhlasin gak lulus beasiswa KSE dan gak bisa ikut beasiswa PPA karena gak bisa cetak formulirnya. Tapi balik lagi, emang udah takdir Allah, emang itu udah rezekinya aku, gimana pun ceritanya. Masya Allah, Allah Maha Baik.
Jadi beasiswa ini berlakunya kan selama setahun gitu. Aku baru bisa ikut beasiswa lagi saat udah semester 4. Tibalah masanya beasiswa yang aku idamkan dari masih sebelum kuliah dibuka pendaftarannya, yaitu beasiswa Djarum. Aku tau untuk lulus beasiswa Djarum ini susah, banyak banget kawanku yang bukan ngeremehin sih, tapi kayak ngejatuhin (sama aja yak :D) mereka pada bilang “Susah lulusnya, aku gak mau ikut, udah pasti gak lulus”. Jadilah aku ngurus berkasnya sendirian dan diam-diam, bukan karena takut ada saingan, takut orang ngeremehin aku, siapa sih aku sok-sokan daftar beasiswa Djarum yang penerimanya gak sampe 10 orang per Universitas setiap tahunnya. Tapi aku gak mau nyerah, aku cuma mikir setidaknya aku udah coba, aku udah ada pengalaman pernah ikut gimana seleksi beasiswa Djarum ini, lagian beasiswa Djarum cuma khusus untuk mahasiswa semester 4, masa iya aku mau sia-siain kesempatan aku. Tapi aku pinter hehehe, biasanya pembukaan pendaftaran beasiswa itu kan berdekatan ya, jadi beasiswa PPA juga dibuka, aku juga daftar PPA donk wkwkwk. Ini pun tetep temenku ada yang komen dengan bilang “emangnya boleh ya daftar 2 beasiswa?”. Ya bolehlah, nanti tinggal pilih mau yang mana kalau dua-duanya lulus, kita kan tetap liat kesempatan yang ada.
Singkat cerita aku gak lulus beasiswa Djarum, aku gagal di tes tulisnya. Tapi, lagi, aku gak kecewa, padahal itu beasiswa yang aku idamkan dari sebelum jadi mahasiswa sah hahaha, ternyata temen kknku adalah beswan Djarum hmm, setelah kenal dia aku tetep kepo dan tanyain pengalaman dia jadi beswan Djarum gimana, aku bangga sama dia karena dia dapatin mimpiku yang dari dulu aku idamkan, ya gak dapat beasiswanya setidaknya punya teman yang bisa berbagi ceritanya aja udah bangga hehehe. Alhamdulillahnya, aku lulus beasiswa PPA.
Beasiswa yang entah terakhir atau enggak di masa kuliah S1ku ini, yaitu beasiswa Bank Indonesia (BI). Jadi aku ikut ini waktu udah semester 6, aku ikut ngurus-ngurusnya sama Suci, kebetulan juga tahun 2019 beasiswa PPA lama dibukanya, waktu bulan Juli, aku lagi kkn. Mungkin kalo beasiswa PPA sekalian dengan beasiswa Bank Indonesia aku bakalan daftar PPA juga hehehe, ga deng. Nah, untuk beasiswa BI ini ada dramanya juga, seperti biasa kita harus daftar online dulu kan, awalnya semangat banget nih sama Suci mau ikut beasiswa ini. Terus saat daftar online aku baca dulu persyaratannya, gak boleh PNS, POLRI/TNI dll, karena ayah pensiunan POLRI, aku jadi malas urus, karena emang udah jelas syaratnya gak boleh. Lagi, sama kayak PPA yang pertama aku dapat, setelah daftar online, aku gak lanjut balikin berkasnya. Aku jelasin ke Suci, aku gak mau lanjut, padahal Suci udah semangat kali, tapi Suci tetap lanjut daftar.
Suatu hari aku lagi nyantai di kos Yuli, tiba-tiba teman kampusku ngechat, katanya aku disuruh balikin berkas beasiswa BI disuruh sama buk Nur akademik. Terus aku bingung, emangnya aku bisa ikut? Setelah itu aku langsung balik ke kampus dulu untuk tanyain ke buk Nur bisa apa enggak aku ikut beasiswa BI. Saat ketemu sama buk Nur aku jelasin “Buk, ayah saya pensiunan polisi buk, emangnya boleh saya ikut?”.
“Pensiunan ya? Gak apa ikut aja dulu ya, ini kamu beresin berkasnya segera ya kalo bisa hari ini atau besok, nanti ibu serahin namanya ke biro, semoga bisa ya”.
“Iya Buk, makasih Buk ya”. Aku langsung pulang ke rumah dan beresin berkasnya, besoknya baru aku serahin berkasnya ke buk Nur. Gak lama setelah itu, aku sama Suci dimasukkin ke grup wa, ternyata kami lulus berkas berdua, Alhamdulillah. Kemudian kami dikasih jadwal untuk ikut wawancara di kantor BI, aku masuk duluan, setelah itu baru Suci. Suci cerita kalau bapak yang wawancara tanyain kalau kami teman dekat ya, soalnya nilainya hampir sama, sampe Suci digangguin gitu, ditanyain gimana kalo beasiswanya cuma buat salah satu di antara kami. Gak lama setelah itu muncul pengumuman kalau aku sama Suci lulus beasiswa BI, aku bersyukur karena kami bisa lulus berdua, soalnya urusnya berdua juga. Ternyata untuk bukan anak PNS/POLRI/TNI itu hanya syarat awal dari BI pusat yang gak bisa dihilangkan, tapi kita tetap bisa lulus karena dilihat dari gimana prestasi akademik dan keaktifan organisasi kita gitu.
Nah gitu guys, panjang cerita kali ini ya. Sekarang aku udah semester 8, gak tau deh masih ada peluang atau enggak untuk dapatin beasiswa hehehe. Intinya seperti ceritaku dapatin beasiswa PPA dan BI itu, aku udah ikhlasin banget kalau emang gak bisa ikut beasiswa itu. Tapi takdir Allah berkata lain, ternyata beasiswa itu emang untuk aku, itu emang rezeki aku, ada aja cara Allah untuk aku tetap dapat beasiswa itu. Sekarang aku makin yakin, kalau sesuatu yang gak bisa aku dapat, ya itu emang bukan takdir aku, bukan untuk aku, untuk apa aku marah, sedih, kesel, karena gak dapatin hal tersebut. Padahal sebenarnya ada hal lain yang Allah kasih untuk aku, bahkan lebih baik daripada yang aku inginkan. Allah jauh lebih tau apa yang kita butuh daripada apa yang kita inginkan, selalu ingat itu. Btw, sekarang aku lagi nyusun skripsi, ada beberapa hal yang sudah direncanakan tapi harus tertunda karena beberapa hal, aku mencoba ikhlas dan sabar, pasti ada hikmahnya kok, ya kan? Luv You Guys, semoga dari tulisanku ini, ada pelajaran yang bisa kalian ambil ya.
See you, wassalam.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dulu, Aku Juga Menginginkan Itu

Assalamualaikum, teman-teman onlineku. Aku hadir kembali dengan tulisanku yang masih terus berproses. Di tulisan ini aku ingin membahas tentang cinta, namun lebih terkhusus lagi tentang bagaimana perasaanku terhadap lawan jenis. Di beberapa tulisanku sebelumnya aku pernah membahas tentang cinta. Aku bingung mulai dari mana hahaha. Alhamdulillah aku seorang gadis yang normal, yang diberikan anugerah untuk juga dapat merasakan bagaimana itu cinta, aku juga memiliki ketertarikan terhadap lawan jenis dan hal lainnya. Dulu sewaktu SD, aku polos sekali, aku pernah suka dengan teman kelasku sendiri, aku juga pernah suka dengan teman ngajiku hahaha, sekarang kalau aku membayangkan hal itu rasanya bodoh sekali aku, kenapa ya aku bisa suka sama mereka, yah namanya juga anak-anak baru puber. Abang letingku di SD juga pernah menyatakan perasaannya kepadaku, melalui teman perempuannya yang sudah pasti kakak lettingku, mereka berkata seperti ini “Dek, Si Aan (nama samaran) suka sama adek, mau g

Obat

  Ini adalah salah satu obat bagiku. Apa itu? Menulis. Menulis adalah kegiatan yang aku senangi sejak kecil. Menjelaskan segala perasaanku lewat kata-kata, yang awalnya berantakan, setidaknya sedikit menjadi rapi lewat tulisan dalam paragraf. Pikiranku sering berkecamuk sendiri, berantam, terlalu banyak hal tidak penting yang kupikirkan. Terlalu banyak ketakutan yang kubayangkan, aku menyerah, kini kuambil obatku lalu kukonsumsi ia. Saat menulis ini, aku tidak tau harus menulis apa, aku hanya ingin berkata-kata, di saat tidak ada seseorang yang bisa menjadi tempat untuk kusampaikan perasaanku. Aku menulis. Ke depannya, akan banyak cerita yang kusampaikan, aku ingin melawan segala ketakutanku yang tidak jelas. Aku ingin menjadi sesosok “Ayu” yang baru, Ayu yang berani, siap ya Yu.