Langsung ke konten utama

My Twenty Two on Twenty Two


Assalamualaikum teman-teman, Alhamdulillah hari ini aku bertambah umur menjadi 22 tahun. Tepat 2 hari sebelum memasuki bulan Ramadhan, insya Allah tahun depan ulang tahunnya mungkin saat puasa.
            Ohya, menurut kalian apa sih makna ulang tahun itu?
            Menurut aku, ulang tahun itu cuma suatu hari spesial di beberapa tahun yang lalu, di saat kita pertama kalinya hadir ke dunia ini melalui perjuangan ibu kita. Hari pertama kita menyaksikan dunia dengan sambutan bahagia dari orang tua kita. Saat itu orang tua dan keluarga kita senang sekali karena sosok yang ditunggu selama 9 bulan, akhirnya lahir di bumi. Selain itu, hari ulang tahun bagiku juga menjadi ajang sebagai rasa syukur dengan bertambahnya usia, karena masih diberi kesempatan oleh Allah, mungkin untuk bertaubat, mungkin untuk menebarkan kebaikan, mungkin untuk belajar menjadi lebih manusia lagi, sebelum akhirnya kita benar-benar kembali ke alam yang kekal. Ulang tahun juga menjadi ajang muhasabah untuk diriku, mengingat lagi semua dosa yang sudah kulakukan selama masa hidup, mengingat lagi segala kebiasaan buruk yang berusaha sedikit demi sedikit untuk aku tinggalkan, mengingat lagi segala pelajaran dan pengalaman hidup di setiap tahunnya yang membuatku menjadi manusia seperti sekarang ini. Itu makna ulang tahun bagi aku, hanya sesederhana itu.
            Tak lagi kuharap hadiah dan kue ulang tahun dari keluarga atau teman terdekat. Eh, bahkan tak lagi kuharap ucapan selamat ulang tahun dari teman. Temanku yang mengucapkan ulang tahun kali ini cuma 2 orang hehehe, mungkin ulang tahunku tak se-spesial itu untuk diingat oleh orang lain. Dari si Riesky yang bener-bener setia setiap tahun selalu ingat ulang tahunku, setiap jam 12 malam selalu ucapin ulang tahun, dan kasih kado juga hehehe, makasih ya Riesky. Satu lagi temanku di SMA, mungkin dia ucapin karena liat story wanya si Riesky hehehhe, tapi aku ucapin terima kasih juga, karena cuma kalian berdua teman yang ucapin aku ultah.
            Di satu sisi aku merasa sedih karena story IGku gak sampe titik-titik kayak story seseorang kalo lagi ultah, saking banyaknya yang ucapin dia ulang tahun, rasanya bahagia ya, banyak orang yang kasih selamat ke dia dengan bertambah umurnya. Tapi, kembali lagi, setelah aku pikir-pikir, aku hidup di masa, semua hal terlihat indah dan sempurna di sosmed seseorang, kehidupan semua orang bahagia. Dan aku sadar, sekarang aku bukanlah bagian dari kebanyakan orang-orang tersebut, “aku tidak melakukan apa yang kebanyakan orang lain lakukan”. Ya, kalimat itu yang selalu aku tanamkan di dalam otakku, mungkin aku langka dan aneh, gak update, gak gaul, gak ikutin zaman, tapi emang gitu akunya.
            Aku udah sampe di titik yang malas liat kehidupan seseorang berdasarkan kesempurnaannya di sosial media, jadi orang yang terkenal, banyak yang ucapin dia ulang tahun sampe storynya titik-titik kecil, banyak yang ucapin kalo dia seminar proposal, siding, wisuda, nikah, dan segala hal seperti itu. Sampe di ultahku hari ini, cuma 2 orang temanku yang ucapin aku ultah, gak masalah, aku sangat bersyukur, ternyata cuma Riesky yang ingat ultahku, yang tulus ucapin aku ultah sampe nunggu jam 12 malam, mungkin dia yang ingat banget kalo tanggal 22 April ada manusia aneh yang dia kenal dan harus dia ucapin ulang tahunnya, makasih sekali lagi Riesky. Aku terharu, aku pernah bilang sama Riesky, “aku malas repost story orang yang ucapin aku ultah di IG, karena sebenarnya nanti ada orang lain yang juga ikut ucapin aku ultah, padahal sebenarnya mereka gak ingat ultah aku, hanya karena mereka liat story yang ku repost, kemudian ikut-ikutan orang lain untuk ngucapin, jadinya dia juga ngucapin. Aku lebih bahagia, kalo ada teman aku yang bener-bener tulus ucapin aku ulang tahun karena dia memang ingat aku ulang tahunnya kapan heheheh.”
            Oke, balik lagi ke kalimat ini “aku tidak melakukan apa yang kebanyakan orang lain lakukan”. Dari dulu ya, namanya juga anak kecil, aku selalu pengen ulang tahunku dirayain kayak temen-temenku, ada kue ulang tahun, banyak kado, pokoknya hari ulang tahunku spesial deh. Tapi, tetep ibu selalu gak kasih, ada aja alasan ibu untuk gak bikin acara ulang tahun buat aku. Sama juga kayak dulu waktu aku tinggal di Jambi, setiap tahun baru atau malam takbiran, temen-temenku selalu beli mercon atau kembang api, aku selalu minta sama ibu, biar bisa seperti teman-temanku, tetapi, lagi, ibu tetap gak kasih juga. Dari kecil, mungkin hidup aku gak semudah kebanyakan hidup anak-anak yang lainnya.
            Aku akan ceritain sedikit tentang keluargaku, cerita edisi ulang tahunku yang ke-22. Dimulai dari ayah dulu, ayahku seorang Polisi biasa yang pangkatnya gak tinggi, dulu waktu SD dan SMP, aku sering diejek sama temenku karena ayahku Polisi, dibilangnya ayahku makan uang haram lah, tukang korupsi lah, segala hal persepsi buruk tentang Polisi diejekin ke aku. Aku gak peduli, karena Alhamdulillah, aku bersyukur, aku bisa punya pikiran bodo amat yang lumayan berfungsi. Aku tau kok, ayah gak pernah bawa pulang uang yang gak halal buat kami, karena ibu juga bilang, kalau ayah kasih makan keluarganya pake uang haram pasti keluarganya rusak, anaknya nakal-nakal lah, ada aja pasti yang gak berkah. Dan juga, hidupku biasa aja, sederhana dan cukup, kalo ayahku suka korupsi pasti aku udah kaya kan, beli apapun yang aku mau semudah tinggal minta aja. Tetapi kenyataannya enggak, sangat enggak. Aku kalo mau sesuatu wajib usaha sendiri donk, gak ada tuh yang namanya minta sesuatu langsung besoknya dibeli sama orang tuaku. Perlu nangis-nangis dulu, juga gak bakalan dapat, makanya kadang aku mikir, enak kali ya, orang yang HPnya ganti terus ikutin tren terbaru, sedangkan aku tunggu HPku busuk dan rusak baru ganti, itupun ganti ya harus pake uang sendiri hehehe. Apa-apa pengen beli sesuatu tinggal minta sama orang tua, besoknya langsung ada, sedangkan aku kalo mau sesuatu harus pake uang dan usaha sendiri. Ya, mungkin aku gak seberuntung seperti orang lain di bagian tertentu, tapi aku memiliki keberuntungan di hal lainnya (mungkin).
            Dulu waktu SMP, aku greget kali pengen punya HP kayak teman-teman, tapi tetap gak dapat, jawaban ibu cuma “sabar aja” :). Aku paham, mungkin kondisi keluarga kami, belum mampu untuk beli barang yang gak penting-penting kali saat itu, jadi makanya aku gak dapat HP baru hahaha. Akhirnya, SMP aku pake HP tenot-tenot gitu, itupun HP dari kakak. Sampe waktu kelas 3 SMP (tahun 2012) aku bisa beli HP android Samsung Galaxy Y pake uang sendiri (uang salam tempel karena baru pulang dari Jambi). Padahal saat itu, teman-temanku lagi maruknya pake HP Blackberry, karena ada BBMnya. Eh taunya, tahun 2013 BBM udah ada di HP android wkwkwk, dan HP BB udah mulai gak laku lagi. HP Samsung itu bertahan sampe aku semester 1 kuliah, tahun 2016, jadi sekitar 4 tahunan gitu ya. HPnya udah busuk dan rusak, tapi tetep aku pake. Waktu semester 2, aku pake HP bekas kakak (lagi). Alhamdulillah semester 3, aku beli HP baru, HP yang aku pake sekarang dari uang beasiswa. Keknya HP ini bakalan ganti kalo udah busuk lagi hehehe. Ohya, “aku tidak melakukan apa yang kebanyakan orang lain lakukan” kayak masalah HP, saat temen-temenku heboh dengan HP BB, aku sama sekali gak tertarik beli BB, sekarang juga gitu, orang kebanyakan pake HP IPhone, tapi aku sama sekali gak kepingin beli HP IPhone, kalau pun aku ada uang, aku pengen banget beli HP Samsung Galaxy S20, hmm, entah kapan aku bisa beli HP itu. Keknya udah kepengen beli dari Samsung Galaxy S keluaran pertama sampe udah S20 belum dapat-dapat, mungkin suatu hari nanti.
            Balik lagi ke ayah, kata kebanyakan orang, wajahku mirip dengan ayah, tapi udah gede gini pas balik lagi ke Padang dan ke Jambi, malah dibilang mirip kali sama ibu. Di antara 7 bersaudara, cuma aku yang golongan darahnya ikut ayah, yaitu O, sedangkan yang lainnya ikut ibu semua, yaitu B. Ayah itu orangnya keras, suka marah sama aku, bukan marah sih, tapi lebih suka nada tinggi aja, emang itu udah sifat yang melekat sama ayah, tapi aku gak suka kalo ayah ngomongnya pake suara keras dan rada ngegas gitu. Jadi buat calon suami aku kelak, harap maklum ya sama ayah hehehe, jangan takut sama ayah walaupun ayah cara ngomongnya rada ngegas, ayah tu lembut kok, nonton film sedih aja ayah bisa nangis :) ohya buat calon suamiku juga, karena ayah suka ngegas makanya aku maunya kamu jangan ngegas-ngegas ya hehehe, lembut aja ngomongnya kalo sama aku, oke? Nah, tapi ayah itu, kalo suruh apa-apa selalu panggilnya nama aku. Akhirnya aku sadar, walaupun ayah suka marahin aku, tapi orang yang paling bisa ayah andalin di rumah ya cuma aku. Ayah itu ribet, contoh kecil aja ya, kalau buat teh, ayah gak mau tehnya kental tapi jangan terlalu cair juga, dan yang cuma bisa buat teh sesuai standar ayah di rumah itu aku. Aku inget, dulu kalo ayah shalat Jumat, terus tiba-tiba hujan dan ayah kejebak di masjid, pasti ibu suruh aku untuk jemput ayah pake payung. Dulu waktu SD, aku pengen banget ngerasain gimana rasanya diantar jemput sama ayah, kayak orang-orang, tapi gak bisa, karena SDku deket banget dengan rumah, jalan kaki cuma berapa langkah aja sampe. Alhamdulillah waktu SMP, ayah sering antar aku ke sekolah, pagi banget cuy, adasekitaran  jam 7 lewat gitu udah berangkat, belum banyak manusia di sekolah, soalnya ayah kan antar aku ke Neusu terus ayah harus kerja ke Lingke, kan jauh, jadi pergi sekolahnya selalu kepagian. Sampe SMA pun sering ayah antar juga, tetep pagi banget, aku kan takut ya, jadi kadang kalo udah taroh tas di kelas, aku langsung keluar duduk di teras, karena takut sendirian di kelas.
            Ayah sempet sekolah pendidikan lagi di Bogor, jadinya ayah bisa naik pangkat dan tambah masa tugasnya. Ayah pensiun tahun 2013, tahun aku masuk kelas 1 SMA. Aku gak terlalu deket dan terbuka sama ayah, tapi banyak perjalananku yang kujalani cuma berdua sama ayah. Tahun 2012, waktu nenek Jambi (ibunya Ayah) meninggal, aku yang temanin ayah pulang ke Jambi, cuma berdua naik bus dari Aceh ke Jambi, saat itu aku lagi liburan mau naik kelas 3 SMP. Itu perjalanan 2 hari 2 malam kalo gak salah, waktu kami berangkat dari Aceh, nenek masih kritis, udah setengah perjalanan, kami ditelpon sama saudara ayah kalau nenek udah meninggal. Saat itu, aku masih penakut, kemana-mana selalu ngikutin ayah, gak berani ngomong sama saudara, takutlah pokoknya. Tahun 2018 lalu, tahun ibu meninggal, aku temenin ayah jalan-jalan hehehe, soalnya ayah bilang ayah udah lama gak pulang kampung, jadi tahun itu untuk pertama kalinya aku ke kampung ayah di Pesisir Selatan, terus jalan-jalan ke Jambi dan sekitarnya. Pengalaman jalan-jalan berdua sama ayah, jadi pengalaman berharga buat aku, gak akan aku lupain.
            Banyak kali udah ceritanya :’) sekarang aku mau ceritain tentang ibu, mungkin sedikit aja, di lain kesempatan lagi baru aku ceritain banyak. Ibu mengandung aku di umur 40 tahun, pasti ada orang yang tanya “ibu Ayu telat nikah ya?”, gak guys, ibu cepat nikah, ibu nikah di umur 20 dan ayah di umur 23. Ibu kosong gak hamil selama setahun, kemudian baru punya anak. Anak nomor 1, 2, dan 3 itu jaraknya deket (aku lupa pastinya hehhe), nah itu cowok semua btw, terus nenek (ibunya ibu) bilang cari anak cewek satu biar ada yang jagain kalo sakit, biar ada teman juga untuk ibuku. Ayah saking kepengennya anak cewek, sampe ada inisiatif pengen adopsi anak orang hahaha, tapi ibu gak mau, kata ibu gak masalah mau cewek atau cowok sama aja. Sampe akhirnya ibu hamil lagi, tapi keguguran, karena ibu nyuci di sungai, ibu gak sadar kalo lagi hamil, setelah dibersihkan kandungannya, ibu baru tau calon bayi yang keguguran itu ternyata anak cewek, ibu nyesel kali, ibu bilang kalau ibu tau itu anak cewek rasanya pengen ibu masukin lagi ke perut :’( Kemudian, jarak 9 tahun dengan abangku yang nomor 3, ibu melahirkan anak cewek pertama yaitu kak Tika, terus kata nenek cari satu lagi buat teman anak yang cewek, jarak setahun lahirlah abangku. Terus jarak 2 tahun lahir lagi kak Pipi, dia sempat jadi anak bungsu selama 4 tahun, eh tiba-tiba aku hadir. Di umur ibu 40 tahun ibu mengandungku, bukan usia yang bagus untuk mengandung, dan ibu baru sadar kalau ibu hamil saat usiaku 4 bulan di kandungan. Waktu ibu periksa, bidannya bilang “beresiko ni buk, dengan umur ibu sekarang”, tapi ibu cuma bilang “gak apa-apa Laa Haula Wa Laa Quwwata Illa Billah” dan Alhamdulillah aku hadir di dunia ini tanggal 22 April 1998, dan sekarang sampai di umur yang ke 22, Alhamdulillah.
            Dulu waktu kecil, kalau pergi sama ibu, aku sering dikira cucunya ibu. Alhamdulillah aku bersyukur sekali dilahirkan oleh ibu, sosok wanita yang kuat. Ibu meninggal di umur 60 tahun dan di umur Ayu 19 tahun. Ibu bersyukur punya anak perempuan 3, di saat ibu sakit ada kami yang bisa ngerawat ibu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dulu, Aku Juga Menginginkan Itu

Assalamualaikum, teman-teman onlineku. Aku hadir kembali dengan tulisanku yang masih terus berproses. Di tulisan ini aku ingin membahas tentang cinta, namun lebih terkhusus lagi tentang bagaimana perasaanku terhadap lawan jenis. Di beberapa tulisanku sebelumnya aku pernah membahas tentang cinta. Aku bingung mulai dari mana hahaha. Alhamdulillah aku seorang gadis yang normal, yang diberikan anugerah untuk juga dapat merasakan bagaimana itu cinta, aku juga memiliki ketertarikan terhadap lawan jenis dan hal lainnya. Dulu sewaktu SD, aku polos sekali, aku pernah suka dengan teman kelasku sendiri, aku juga pernah suka dengan teman ngajiku hahaha, sekarang kalau aku membayangkan hal itu rasanya bodoh sekali aku, kenapa ya aku bisa suka sama mereka, yah namanya juga anak-anak baru puber. Abang letingku di SD juga pernah menyatakan perasaannya kepadaku, melalui teman perempuannya yang sudah pasti kakak lettingku, mereka berkata seperti ini “Dek, Si Aan (nama samaran) suka sama adek, mau g

Milikku memang Untukku

Assalamualaikum pembaca blogku Kali ini aku mau ceritain pengalaman aku tentang “TAKDIR”, tentang bagaimana Allah bisa seromantis itu sama aku, memberikan sesuatu ke aku dengan cara yang sama sekali gak pernah terlintas di pikiranku, yang buat aku terharu dan sangat merasa bersyukur. Sebelumnya, aku nulis ini sama sekali gak ada maksud untuk sombong, karena emang udah lama banget pengen nulis cerita ini, tapi karena banyak mikirnya, makanya gak jadi-jadi tulisannya. Mungkin yang aku dapat gak ada apa-apanya dibandingkan dengan orang lain yang luar biasa pencapaiannya, jadi ya apanya yang mau disombongin kan? Hehehe. Lanjut aja ke ceritanya, jadi aku akan ceritain tentang gimana aku bisa dapatin suatu beasiswa yang padahal “nyaris” gak dapat, qadarullah Alhamdulillah dapat juga hehehe. Dulu, waktu pertama kali aku pindah ke Banda Aceh, Alhamdulillah aku dapat beasiswa. Aku ingat banget, aku dipanggil ke ruang guru untuk dikasih uang beasiswanya, Alhamdulillah saat itu aku dap

Obat

  Ini adalah salah satu obat bagiku. Apa itu? Menulis. Menulis adalah kegiatan yang aku senangi sejak kecil. Menjelaskan segala perasaanku lewat kata-kata, yang awalnya berantakan, setidaknya sedikit menjadi rapi lewat tulisan dalam paragraf. Pikiranku sering berkecamuk sendiri, berantam, terlalu banyak hal tidak penting yang kupikirkan. Terlalu banyak ketakutan yang kubayangkan, aku menyerah, kini kuambil obatku lalu kukonsumsi ia. Saat menulis ini, aku tidak tau harus menulis apa, aku hanya ingin berkata-kata, di saat tidak ada seseorang yang bisa menjadi tempat untuk kusampaikan perasaanku. Aku menulis. Ke depannya, akan banyak cerita yang kusampaikan, aku ingin melawan segala ketakutanku yang tidak jelas. Aku ingin menjadi sesosok “Ayu” yang baru, Ayu yang berani, siap ya Yu.